'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PARTISIPASI LPPA PWA KALTIM DALAM KEGIATAN ICAS 2020
18 Februari 2021 10:20 WIB | dibaca 38

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah mengadakan kegiatan ICAS (International Conference on Aisyiyah Studies(ICAS). ICAS 2020 yang terselenggara atas kerjasama LPPA Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, ‘Aisyiyah Center UNISA, Asosiasi Lembaga al-Islam dan Kemuhammadiyahan (ALAIK) yang berlangsung selama 4 hari tanggal 3, 10, 17, dan 24 Oktober dengan menghadirkan puluhan pemateri dari dalam dan luar negeri dan diikuti oleh seribu partisipan. Beberapa pemateri antara lain adalah Rosalia Sciorti , Fadh Pahdephi, Verena Meyer.

Kegiatan ini sebagai upaya membangun sistem pengetahuan ‘Aisyiyah yang komprehensif melalui kegiatan kegiatan penelitian akademik maupun partisipatoris, baik yang dilakukan oleh kalangan akademisi, peneliti, aktivis, penggerak Aisyiyah, penggerak masyarakat, maupun kalangan kritis.

LPPA sebagai Lembaga Penelitian dan Pengabdian ‘Aisyiyah yang berada dalam struktur PWA didorong untuk berpartisipas dalam menulis penelitian dan mempresentasikannya dalam kegiatan ICAS ini. Tema-tema antara lain terkait dengan Best Practice Aisyiyah, Ideologi, dan Teologi.

LPPA PWA Kaltim yang beranggotakan Afrida, Maria Ulfa, Mafazah Noviana dan Zakiah Hidayati ikut berpartisipasi dalam pembuatan makalah dan kegiatan presentasi secara online. LPPA PWA Kaltim mempresentasikan makahla pada tanggal 17 Oktober 2020 dengan judul “Pendekatan Seni dalam Kegiatan Life Skill Anak : Best Practice PDAKota Samarinda”. Tim LPPA diwakili oleh Zakiah Hidayati dalam mempresentasikan makalah ini.

Makalah antara lain berisi tentang kegiatan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Samarinda dalam beberapa tahun terakhir (2013-2019). PDA Kota Samarinda aktif bekerja sama dengan beberapa institusi pendidikan tinggi di Kota Samarinda menyelenggarakan kegiatan life skill bagi anak-anak dengan pendekatan seni prakarya. Kegiatan life skill adalah kegiatan keterampilan hidup yang dilakukan dengan standar operasional tertentu. Melibatkan pemateri yang sesuai dengan keahlian, terdapat pengawas kegiatan, post test dan pre test, kegiatan inti dan evaluasi kegiatan.

Kegiatan ICAS ini mendorong terdistribusinya informasi-informasi baik dari akar rumput dan  top management (PP Aisyiyah). Hal ini senada yang dikatakan Fahd Pahdepi sebagai salah satu nara sumber.

“Informasi-informasi dari akar rumput itu sesuatu yang penting dalam organisasi ‘Aisyiyah,” kata Fahd Pahdepi. Diharapkan adanya sharing informasi dari semua lembaga ‘Aisyiyah dari ranting hingga pusat akan memberikan semangat pada semua anggota ‘Aisyiyah untuk beramal sholeh.

Kegiatan ICAS insyaAllah akan diadakan kembali pada tahun 2022 dan LPPA PWA Kaltim insyaAllah akan berpartipasi dalam kegiatan ini dan juga dari majelis dan lembaga lainnya di bawah PWA Kaltim. *zk*

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari